STRUKTUR DASAR KOMPUTER DAN
ORGANISASI KOMPUTER
Struktur Dasar Komputer
Pada sebuah komputer modern/digital
dengan program yang tersimpan didalamnya merupakan sebuah sistem yang
memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan.
Struktur dasar komputer adalah sebagai cara-cara setiap komponen yang menyusun
komputer saling berkaitan, komponen-komponen disusun dengan alur-alur bus yang
mengalirkan data, alat dan mengendalikan antar komponen tersebut.
Suatu sistem komputer terdiri dari
lima unit struktur dasar komputer, yaitu:
- Unit masukan (Input Unit)
- Unit kontrol (Control Unit)
- Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)
- Unit memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)
- Unit keluaran (Output Unit)
Control Unit dan ALU membentuk suatu unit tersendiri yang disebut Central Processing Unit (CPU). Didalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan. Maka CPU sangatlah penting didalam sebuah perangkat komputer.
Hal-hal yang perlu dilakukan CPU
adalah:
a) Membaca, mengkodekan dan
mengeksekusi instruksi program
b) Mengirim data dari dan ke memori,
serta dari dan ke bagian input/output
c) Merespon interupsi dari luar
Adapun fungsi utama dari
masing-masing Unit adalah:
1.
Unit masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan
kemudian membacanya dan diteruskan ke memory/penyimpanan.
2.
Unit kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas
pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. CU disebut juga sebagai
pengatur rumah tangga pada suatu komputer.
Tugas dari kontrol unit adalah:
- Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
- Mengambil instruksi-instruksi dari main memor
- Mengirim instruksi ke aritmatika dan logic unit
- Menyimpan hasil proses ke main memory
3. Unit
logika dan aritmatika (Arithmetic &
Logical Unit /ALU)
Berfunsi
untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika dan logika seperti
menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga
melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data,
membandingkan data dll. Sehingga ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem
komputer.
4. Unit
memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)
Berfungsi
untuk menampung data/program yang ditrerima dari unit masukan sebelum diolah
oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya
diteruskan kesuatu unit keluaran. Pada bagian ini terdapat dua buah memory yaitu RAM (Random Access Memory) yaitu bagian
memory yang dapat melaksanakan membaca dan menulis, sedangkan ROM (Read Only Memory) yaitu bagian memory
yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis. Memory dibagi dalam dua bagian
yaitu memory utama dan cadangan.
5. Unit
keluaran (Output Unit)
Berfungsi
untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memory. Seperti halnya
pada unit masukan maka unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran
(output device) dan media keluaran (output media).
Beberapa alat keluaran diantaranya adalah :
a)
Monitor
Suatu alat
yang berfungsi untuk menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau
grafik.
b)
Printer
Suatu alat
untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer.
c)
Speaker
Suatu unit
keluaran yang menghasilkan suara.
Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan
unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer
dalam merealisasikan aspek arsitekturainya. Contohnya: teknologi hardware,
perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Organisasi
komputer juga membantu rencana pemilihan prosessor untuk untuk suatu proyek
tertentu. Proyek multimedia membutuhkan akses data yang sangat cepat, sedangkan
perangkat lunak pengawas mungkin perlu penyela cepat.
Struktur organisasi komputer adalah:
1.
Input device (alat masukan)
Adalah
perangkat keras komputer sebagai alat untuk masukan data atau perintah kedalam
komputer.
2.
Output device (alat keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
3.
Port I/O
Adalah untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem.
Peralatan input dan ouput terhubung pada port ini.
4.
CPU (Central Processing Unit)
Berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer yang didalam CPU
terdiri dari ALU (Arithmetical Logical Unit), CU (Control Unit) dan
register-register.
5.
Memori
Memori
terbagi menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan eksternal. Memory internal
berupa RAM (Random Access Memory)
yaitu bagian memory yang dapat melaksanakan membaca dan menulis, sedangkan ROM
(Read Only Memory) yaitu bagian
memory yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis, sedangkan memori eksternal
berupa Hardisk, CD ROM, flasdisk dll.
6.
Data bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
7.
Address bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada
proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memri yang
ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20,24, atau 32 jalur
paralel.
8.
Control bus
Digunakan
untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri
atas 4 sampai 10 jalur paralel.
Fungsi dari organisasi komputer adalah:
1.
Fasilitas pekerjaan
Didalam
organisasi komputer terhubung berbagai jenis komputer baik itu software serta
hardware yang sangat berguna dalam mendukung banyak jenis pekerjaan. Misalnya
melalui Microsoft Excel seseorang dapat mengolah data dengan sistem yang jauh
lebih cepat, kemudian dengan adanya sofware pengedit gambar seorang
photographer bisa merubah tampilan gambar yang tadinya kurang jelas menjadi
lebih jelas dan terang.
2.
Komunikasi
Dengan
adanya komputer, seseorang bisa berhubungan dengan orang lain melalui sebuah
jaringan internet. Dengan internet mereka dapat berkomunikasi dalam rentang
jarak yang cukup jauh. Komunikasi yang terjadi dalam organisasi komputer tidak
hanya sebatas komunukasi biasa, tetapi juga bisa mekukan perpindahan data baik
data itu banyak maupun sedikit.
3.
Hiburan
Fungsi
hiburan sangat erat dengan permainan atau biasa disebut game. Didalam suatu
organisasi komputer sesorang bisa menghandalkan internet untuk bisa bermain
game secara bersama-sama meskipun pemain gamenya jauh atau antar negara. Itu
akan menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan bisa bermain dengan orang yang
belum kita kenal.
4.
Kontrol
Fungsi
organisasi komputer sebagai kontrol sangat banyak digunakan sekarang ini.
Sebagai contoh untuk mengontrol sistem pengaman dalam gedung ataupun
perkantoran dengan menggunakan CCTV yang terhubung dengan komputer sehingga
keamanan gedung bisa di pantau dari jarak yang cukup jauh. Atau juga sistem
pengamanan pada bank agar tidak terjadi pencurian uang.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar